KeSimpulan.com
Loading
Arsip
Langganan
RSS
Indeks



Sabtu, 30 Januari 2010

Segera Hentikan Konsumsi Ginkgo Biloba Karena Membahayakan Jiwa Anda!

(KeSimpulan) Bulan lalu, sebuah laporan di Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa suplemen herbal Ginkgo biloba tidak berpengaruh membantu memori atau memperlambat laju penurunan kognitif pada orang tua yang sehat. Selama ini Ginkgo biloba merupakan salah satu top dunia dalam industri suplemen herbal, diiklankan secara luas dan seolah-olah telah terbukti efektif dalam membantu orang dalam meningkatkan memori dan konsentrasi.

Steven Novella, neurolog dari Yale, menjelaskan, "The study was a direct comparison of Ginkgo biloba at 120 mg twice a day versus placebo - a double blind, randomized, multi-center trial involving 3,019 subjects aged seventy-two to ninety-six, followed for a median of 6.1 years. Subjects were followed with standardized tests of cognitive function. The results are easy to report: every measure showed no difference between Ginkgo biloba and placebo. There was no difference in cognitive function, risk of developing dementia, rate of progression of dementia, or normal cognitive decline with aging".

Fakta demi fakta dari penelitian demi penelitian dan seruan para ilmuwan yang selama ini telah dilakukan ternyata tidak efektif untuk memukul industri produk jamu ini, tetapi penelitian baru menunjukkan bahwa Ginkgo telah benar-benar menyakitkan orang-orang. Menurut penelitian baru dalam Journal of Natural Products menunjukkan bahwa "larangan harus ditempatkan pada penggunaan Ginkgo biloba karena berkembangnya bukti ilmiah bahwa Ginkgo dapat meningkatkan resiko kejang pada penderita epilepsi dan dapat mengurangi efektivitas obat anti-kejang."

Peneliti Eckhard Leistner dan Christel Drewke mereview penelitian ilmiah tentang Ginkgo dan menemukan 10 laporan yang mengindikasikan bahwa pasien dengan epilepsi yang mengambil produk Ginkgo menghadapi peningkatan risiko kejang. Ginkgotoxin, komponen Ginkgo biloba, tampaknya mengubah jalur sinyal kimia yang dapat memicu serangan epilepsi. Ginkgo dapat juga berinteraksi dengan obat anti-kejang dan mengurangi efektivitasnya. "Kita sekarang yakin G. biloba, obat-obatan dan produk-produk lain dapat memiliki efek yang merugikan pada kondisi kesehatan seseorang," laporan itu menyimpulkan.

Suplemen dan herbal tidak dipasarkan sebagai obat (jika produk makanan dan obat di Amerika Serikat, perhatikan ketentuan paragraf tulisan kecil pada botol yang dimulai dengan, "Produk ini tidak dimaksudkan untuk mendiagnosa, mengobati, menyembuhkan, atau mencegah penyakit apa pun"). Itu karena dalam banyak kasus, herbal secara ilmiah belum diuji untuk keamanan atau keampuhan.

Suplemen dan herbal belum terbukti untuk bekerja secara hati-hati terkendali uji klinis. Di Maerika industri suplemen herbal adalah bisnis multi-miliar dolar dan telah aktif melobi untuk menjaga produk mereka dari aturan oleh FDA. Akibatnya, FDA hanya dapat memberi langkah ketika sesuatu yang tidak beres muncul, setelah orang telah jatuh sakit atau terbunuh oleh tumbuh-tumbuhan alami ini.

Itulah yang terjadi pada tahun 2004, ketika FDA melarang ephedra, obat herbal yang digunakan dalam pengobatan tradisional China selama ribuan tahun. Jutaan konsumen mengambil rempah ini, pada keyakinan bahwa itu wajar, aman, dan efektif. Rempah secara luas digunakan untuk merawat segala sesuatu dari flu biasa untuk asma berat. Kemudian rempah dihubungkan dengan lebih dari 100 kematian; orang-orang sehat yang mengambil ephedra memiliki berbagai gejala insomnia mulai dari serangan jantung.

Sekarang tampaknya obat herbal alami lain dapat menimbulkan bahaya yang tersembunyi. Semua obat, apakah farmasi atau "alami," berbahaya dan dapat memiliki efek samping yang tidak diinginkan. Tetapi ketika orang dirugikan atau dibunuh oleh suplemen herbal yang belum pernah memberikan bukti maka situasi menjadi semakin tragis. Dan orang pun akan mengatakan, "Anda telah membunuh diri anda sendiri karena mudahnya terbujuk oleh produk menyesatkan".

0 Komentar:

Poskan Komentar